Pages

KERAJINAN TANGAN LOMBOK



                                      KERAJINAN DI LOMBOK
Pesona Lombok bukan sekadar pantai. Di sana ada sentra-sentra kerajinan yang menjadikan daya tarik wisata pulau itu jauh lebih menakjubkan. Berkunjung ke Lombok tidaklah bermakna hanya untuk menyaksikan keindahan alam pantai semata. Sebab, di wilayah elok itu juga terdapat pesona lain yang memperkaya unjungan wisata. Sejumlah sentra kerajinan rakyat dan pasar seni menjadi daya tarik yang menarik untuk dikunjungi. Sentra kerajinan rakyat antara lain pusat kerajinan mutiara dan emas Desa Sekarbela, atau kerajinan Ketak di Rungkang, Sayang-Sayang, yang keduanya berada dalam wilayah Kota Mataram. Selain itu, wisatawan juga bisa berkunjung ke Desa Banyumulek, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, atau di Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, dan Desa Penujak, Kabupaten Lombok Tengah, untuk menyaksikan kerajinan tangan gerabah (tembikar).

TENUNAN IKAT DAN SONGKET ( Desa Sukarare dan Desa Pringgasela ),

Selain kerajinan emas dan mutiara, terdapat sentra kerajinan kain tenun ikat atau kain songket khas Lombok di Desa Sukarara, Lombok Tengah. Di Sukarara, selain pengunjung bisa menyaksikan berbagai jenis dan motif tenunan khas, ada pula atraksi para gadis yang menyulam dan merajut benang satu per satu dengan peralatan yang sangat tradisional sehingga menjadi sebuah kain siap untuk dijual. Konon di desa sukarare ini para gadis tidak boleh menikah sebelum bisa menenun.

Songket merupakan kain tenun tradisional sasak yang terkenal di Nusa Tenggara Barat bahkan sampai keluar daerah dan Mancanegara. Souvenir ini bisa didapati di daerah objek wisata Lombok Tengah atau di Desa Sukarara Kecamatan Jonggat yang merupakan desa tempat penenun membuat kain songket ini, berlokasi sekitar 3 Km barat Kota Praya. Pengunjung tertarik menyaksikan cara pembuatan kain songket yang dibuat oleh wanita dengan berpakain tradisional khas sasak bias berkunjung menyaksikannya secara langsung ke Desa Sukarare.

Tenun ikat khas Lombok ini memang sebetulnya dapat juga ditemukan di Kota Mataram seperti di bagian barat pusat pertokoan Mataram Mall. Di sana banyak toko yang menjual kain songket hasil kerajinan tangan masyarakat Lombok. Lombok memang bukan sekadar pantai. Banyak daya tarik wisata lainnya yang sungguh sayang bila dilewatkan.

GERABAH LOMBOK ( Desa Banyumulek, Desa Masbagik, dan Desa Penujak ).

Produk berbahan baku tanah liat ini merupakan salah satu hasil kerajinan tangan rakyat kecil yang sangat spesifik di daerah Lombok. Hasil kerajinan tangan yang satu ini sangat estetis, sehingga tidak mengherankan kalau kalangan pengusaha di Lombok ataupun dari luar daerah berebut memburu gerabah Lombok untuk komoditas ekspor andalan ke sejumlah negara.Produksi gerabah Lombok diminati karena tidak sekadar dijadikan barang pajangan rumah tangga atau perkantoran saja, tetapi juga banyak dijadikan sebagai penghias taman dan perhotelan.Bahkan hampir seluruh hotel berbintang di daerah tersebut menjadikan gerabah sebagai penghias ruangan, taman, suvenir, wadah penyaji makanan, minuman, meja tamu, tempat lilin, asbak, vas bunga, dan sebagainya yang semuanya menghadirkan kesan indah. Gerabah Lombok terdiri dari beraneka bentuk, ragam, rupa, dan ukuran. Begitu juga dengan motifnya, selain sebagai nilai seni juga menghadirkan nuansa khas tradisional Sasak.

Selama ini gerabah Lombok yang diproduksi di antaranya berupa gentong, gentong lada, asbak, piring, cobek, mangkuk, lampu taman, cerakin, tempayan, tempat obat nyamuk dan lilin, patung-patung kecil, penghias meja dan dinding, tempat buah, kendi, bunga kuping empat, penculakan, kaling jeger, kimbing, speaker, gentong air mancur, belanga, botol, pas bunga, dan sederet jenis lainnya. Biasanya setiap motif yang dibuat selalu disesuaikan dengan jenis dan ukurannya. Ada motif bunga, hewan, topeng, subahnale (subhanallah), motif berugaq, dan berbagai motif lainnya sehingga lain gerabah lain pula kesan keindahan yang ditimbulkannya. Apalagi dengan ditambahkan ilustrasiseni, seperti hiasan anyaman rotan, koin, kerang, culi, sehingga tampak cantik. 

Call : 081-757-666-91 / 085-2050-4741-3



 

 

 




Unknown

Cross Road.Net.Jln. Pariwisata Sandik Kec.Batulayar.Jasa Serive Notebook,Netbook,Rakit Komputer,Instalasi Win XP.Win 7.Win 8 32 dan 64 Bit,Website Maintenance,Pengetikan,Jilid,Kursus Komputer SD,SMP,SMA.