Pages

MUTIARA LOMBOK



                                                        MUTIARA LOMBOK.

Lombok merupakan produsen mutiara berkategori south sea pearl (jenis terbaik) yang berjasa menempatkan Indonesia dalam daftar negara penghasil mutiara terbesar di dunia, bersama Australia, Cina, dan Jepang. Dari semua pusat peternakan mutiara di Lombok, Sekotong adalah yang paling masyhur.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat membuka kawasan Sekotong sebagai destinasi wisata pelesir kedua setelah Senggigi. Daerah ini masih tergolong asri. Hamparan pasir putih dan hutan lebat membalut pulau tanpa banyak terusik oleh kehadiran bangunan. Hanya segelintir resor dan penginapan yang berdiri di sini; beberapa masih dalam tahap konstruksi. Kalau pun ada pengunjung, paling hanya orang-orang sekitar yang datang untuk menyalurkan hobi memancing.

Satu alasan kenapa Sekotong minim turis adalah rute untuk menjangkaunya cukup menguras keringat. Pengunjung harus menyusuri jalan penuh tikungan dari Mataram selama tiga jam lebih.

Salah satu modus budidaya mutiara di Sekotong adalah dengan menyuntikkan inti nukleus mutiara ke dalam badan kerang. Praktik ini bisa disaksikan misalnya di PT.Budaya Mutiara, salah satu perusahaan mutiara terbesar di Sekotong yang sudah beroperasi sejak 1989. Jika ingin membeli mutiara, pengunjung disarankan pergi ke kawasan Sekarbela yang berjarak sekitar empat kilometer dari Mataram.

Bagi wisatawan yang gemar terhadap aksesori, datang saja ke sentra kerajinan emas dan mutiara di GALLERY MUTIARA ( LOMBOK PEARLS ), atau di Desa Karang genteng Kota Mataram, tempat ini setiap hari selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Di sana terdapat puluhan toko atau outlet penjualan emas dan mutiara termasuk di kompleks pertokoan Mataram Craft Centre (MCC) 

Di sana berbagai jenis dan warna mutiara tinggal dipilih. Ada mutiara jenis air tawar dan mutiara hasil budi daya laut. Kualitas mutiara Lombok terkenal sangat bagus, hanya sedikit berada di bawah mutiara Australia. Apalagi setelah diikat dengan untaian emas. Mutiara air tawar tentu saja harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mutiara hasil budi daya. Harga sebutir mutiara air tawar ada yang hanya Rp 5.000 hingga Rp15.000, dengan berat lebih kurang 700 gram hingga 800 gram. Berbeda jauh harganya dengan mutiara air laut, yang bisa mencapai Rp700 ribu per gram. Di Lombok, ada dua jenis mutiara yang banyak dipasarkan, yakni round pearl atau mutiara bundar dan half pearl atau setengah bundar. Yang terbanyak dipasarkan adalah mutiara bundar.

Unknown

Cross Road.Net.Jln. Pariwisata Sandik Kec.Batulayar.Jasa Serive Notebook,Netbook,Rakit Komputer,Instalasi Win XP.Win 7.Win 8 32 dan 64 Bit,Website Maintenance,Pengetikan,Jilid,Kursus Komputer SD,SMP,SMA.